Senin, 27 Juni 2011

"HEBOH" Pesawat Berbahan Bakar Surya

Pesawat mungkin kita sudah familiar dengan kata-kata ini. Tapi apa anda tak habis pikir jika pesawar yang dulunya bertenaga avtur sekarang di ganti dengan tenaga matahari. Pasti anda berpikir bahwa pemikiran seperti itu adalah pemikiran orang yg bodoh. Namun sekelompok ilmuan dari  Swiss yang diketuai Bertrand Piccard. Solar Impulse, pesawat terbang bertenaga matahari yang dibuat tim peneliti itu sanggup terbang dari landasan dan tidak mendarat hingga lebih dari satu hari. Pesawat tenaga matahari tanpa awak memang sudah hadir sejak sekitar tahun 1980-an. Namun pada era yang modern sekarang ini Bertrand Piccard dkk ingin mengembangkan teknologi yang sudah ada pada tahun 1980 itu.
Konsep terbaru dari Solar Impulse adalah pesawat ini  mengandalkan listrik dari solar cells sebagai sumber tenaga mesin. Solar Impulse memiliki kurang lebih 12.000 solar cells mono crystalline di sepanjang sayap pesawat. Listrik yang dihasilkan solar cells tersebut digunakan untuk mengisi baterai lithium polimer seberat kurang lebih 400 kg.
Dan pada  tanggal 7/4/2010), pesawat ini melakukan ujicoba terbang di Lapangan Udara Payerne Swiss dengan pilot Borschberg, 57, mantan pilot jet tempur Swiss. Dengan kekuatan 10 motor elektrik, pesawat ringan dengan satu penumpang dan pilot naik perlahan-lahan hingga 1.200 meter di atas permukaan laut dan mendarat setelah mengudara selama 87 menit. Dan setelah melakukan uiji coba terbang yang ke 2 ternyata soalr impulse mampu terbang  selama 26 jam penuh nonstop di ketinggian 28.543 kaki/8700 meter.
“Semuanya berfungsi sebagaimana mestinya. Penerbangan ini sangat sukses. Kami mampu menerbangkan program sesuai dengan yang telah direncanakan dan kami sudah aman di darat kembali,” kata Scherdel. Proyek ini memecahkan rekor dunia dengan mengudara dengan pesawat bertenaga solar terlama yaitu 26 jam, Proyek selam 7 tahun ini akhirnya sukses besar ini  dan ini langsung disambut oleh pendiri perusahaan Solar Impulse yaitu Bertrand Piccard. Rencananya perusahaan Solar Impulse akan terus berinovasi dan salah satu inovasinya adalah melakukan penerbangan keliling dunia menggunkan pesawat bertenaga surya ini pada tahun 2013. Dan teknologi ini akan terus mengalami perbaikan khusus nya akan dikembangkan yaitu terbang pada malam hari dan nantinya akan menggantikan bahan pesawat udara yang selama ini menggunakan avtur dan pesawat ini bisa dijadiakan alternatif karena lebih murah dan aman terhadap lingkungan.
Tentunya kita patut  nantikan perkembangan-perkembangan dari pesawat ini yang pastinya lebih dahsyat dan penuh dengan inovasi yang baru. 




0 komentar:

Posting Komentar